Searching...
November 23, 2011

Tips Keamanan Untuk Atlantica Online Indonesia

Wednesday, November 23, 2011

Tips Keamanan Untuk Atlantica Online Indonesia Berikut adalah sedikit tips yang saya susun untuk membantu Atlantians dalam mengamankan ID dan hartanya dalam game, tips ini dibagi menjadi bagian General (Umum) dan Ingame (Dalam Game), semoga bermanfaat.


General:

1. Kombinasi Alfanumerik adalah yang terbaik

Nickname dan password yang mengikutsertakan angka dan huruf adalah kombinasi yang paling aman, kombinasi seperti ini akan membuat calon hacker (cracker) menemukan lebih banyak kesulitan dalam memecahkan password anda, terutama jika ia menggunakan cracking program yang bersifat dictionary-based. Butuh waktu lama untuk memecahkan kombinasi angka yang anda tambahkan, terutama jika sisipan dan tambahan yang anda berikan lebih banyak.

2. Password "dewa" untuk menyekik password stealer

Seperti apa password yang kuat? Password yang kuat diantaranya adalah password yang tidak masuk akal, dan membuat anda sendiri bingung jika disuruh untuk mengingat.

Katakanlah, kumpulan huruf dan angka acak ini adalah calon password anda:
ayvn4a1o14kgegvsxcf

Bagaimana cara mengingatnya? Sederhana saja, jangan diingat. Biarkan teknologi yang mengingatnya.

Pertama yang harus anda ingat bahwa jangan berpikir untuk membuat password itu, cukup buka notepad, hantam keyboard anda dan hasil hantaman itulah password anda.
Langkah berikutnya tentu, save file notepad tersebut dan copy-paste password itu dari notepad setiap anda membutuhkannya. Sedikit ribet memang, tapi ini efektif untuk menghindari keylogger dan cracker password.

Sebagai alternatif bagi anda yang aktif berpergian, password acak itu dapat anda simpan di catatan handphone anda jika anda ingat.


3. Hindari keylogger, gunakan softkeyboard

Terlalu malas untuk mengganti password? No problem, ada cara lain untuk membuat entry password anda sedikit lebih aman.

Sebelumnya tidak ada ruginya untuk menjabarkan apa keylogger dan keylogging,

Keylogger, adalah suatu program yang umumnya bersifat ghost atau siluman yang diprogram khusus untuk merekam huruf apa saja yang ditekan pada keyboard.
Keylogger sendiri bukan program berbahaya dan dapat digunakan sebagai pengaman atau pengawas sistem, namun program ini juga dapat disalahgunakan, misalnya untuk merekam username dan password.

Softkeyboard adalah solusi untuk mengakali program ini, dengan keyboard yang bereaksi dengan klik mouse, bukan keyboard, tidak ada yang dapat direkam oleh keylogger. Otomatis ini membuat entry password anda lebih aman. Terutama jika anda melakukan koneksi dari komputer yang berbeda-beda.

Softkeyboard sendiri telah tersedia di login screen Atlantica.


4. Kurangi menyebutkan Nickname DAN Username secara bersamaan

Seorang cracker handal tidak butuh password anda untuk menjebol akun anda. Dengan modal username, ia bisa saja dapat menembus server Gemscool dengan caranya sendiri.

Biasanya yang repot-repot ditembus cracker handal tersebut adalah nickname yang terkenal memiliki item-item berharga, jika kombinasi nickname dan username sudah didapat, ini akan mempermudah cracker untuk menentukan targetnya. Dan sekali dijadikan target, yakinkanlah anda akan kecewa begitu anda mendapati akun anda telah diutak-atik.

Solusinya, hindari menyebutkan kombinasi username+nickname di forum-forum umum. Sedikit kewaspadaan lebih akan membantu anda.

5. Pegang ID anda hanya untuk anda saja

ID anda adalah milik anda. Titik.

Jika anda berbagi ID dengan orang lain, anda tahu risiko bahwa bukan hanya saja yang memiliki kontrol penuh atas ID itu.

Jika ada masalah pada ID yang bersifat shared atau dibagi, itu berarti anda gagal dalam mempertimbangkan pembagian ID tersebut. Satu satunya saran yang dapat saya berikan adalah hindari membagi ID dengan orang lain, bahkan teman atau adik anda. Belum tentu adik anda akan memberikan passwordnya jika suatu saat nanti adik anda memutuskan untuk "meminjam" barang anda.

6. Restart Komputer Setelah Anda Selesai

Cookies adalah benda yang "asing" dan rata-rata orang "tidak mengerti", sama halnya dengan keseluruhan sistem itu sendiri, ada kemungkinan sistem merekam transaksi data apapun yang berjalan setiap saat dan informasi password anda bisa saja terpaut.

Langkah terbaik, terutama jika anda melakukan login dari warnet, adalah merestart client-computer anda sebelum anda meninggalkan warnet. Efektif jika warnet memasang program seperti Deepfreeze yang akan menghapus semua perubahan pada drive setiap kali komputer di boot ulang.


7. Tak Ada Gading yang Tak Retak...

Sistem dan jaringan memang dua dunia yang aneh, sebagaimanapun suatu jaringan dibuat sedemikian rupa atau suatu sistem dibuat seaman mungkin, cacat akan selalu ada.

Bukan pandangan yang naif jika sistem PT Gemscool bisa saja ditembus seseorang, jangankan PT Gemscool, perusahaan yang bersifat for fun only, sistem pertahanan negara-negara saja banyak yang dapat ditembus oleh anak-anak muda seusia kita, tidak terkecuali dari bangsa kita sendiri.

Jika langkah pengamanan diatas gagal dan seseorang meretas account anda, bukan berarti anda harus pasrah saja dan menyerah pada nasib. Hubungilah e-mail GM Atlantica (gmao@gemscool.com) dan berharaplah untuk solusi yang terbaik...


Ingame

1. Tolak pemberian item/gold tak bersyarat

Bayangkan ada karakter yang tidak dikenal, yang tiba-tiba mendekati karakter anda dan memberikan anda suatu item, tanpa syarat apa pun.

Setelah berterimakasih, karakter itu pergi dan anda melanjutkan aktivitas anda, tiba-tiba saja anda dipaksa logout dan begitu anda coba login, ID anda telah di-ban permanen oleh pihak yang berwajib.

Laporan umum yang datang dalam kasus appeal "hacking" adalah demikian:
Kutip:Saya sedang melakukan aktifitas X, lalu seseorang memberikan (nama barang) pada saya, saya lanjutkan aktivitas X itu, tiba-tiba saja akun saya di-forced logout dan ada notifikasi bahwa saya telah melakukan hacking ketika saya login.

Hipotesis saya adalah besar kemungkinan barang yang anda terima adalah hasil retasan atau hasil hacking, cracker yang telah sukses mendapatkan barang korbannya sadar bahwa itemnya sedang dilacak oleh para Game Master, maka item itu segera dijual dan sisanya disebar secepat mungkin. Sisa itu dapat mengesankan anda pelaku "hacking" sebenarnya, maka palu ban akan jatuh pada anda.

Maka waspadalah jika ada orang yang mentransaksikan itemnya tanpa bayaran apa pun dari anda. Bisa saja anda bagian terakhir dari akal bulus mereka.


2. JANGAN pernah memberikan username dan password kepada SIAPAPUN, bahkan (seseorang yang mengaku) GM

Cukup memprihatinkan rasanya, masih ada user yang tertipu oleh user lain yang mengaku GM, padahal sudah sangat jelas terpampang bahwa Administrator atau Game Master tidak akan menanyakan username dan password anda.

Alasannya sederhana: Administrator dan GM sudah punya password anda di database mereka, dan mereka juga dapat mengutak-atik akun anda tanpa harus mengetahui password anda.

Jadi jika anda menemukan bahwa ada user yang mengaku GM dan mengancam anda untuk segera memberikan password anda, langkah terbaik adalah memblokade whisp dari yang bersangkutan dan mengambil screenshot (caranya dengan menekan tombol Print Screen di keyboard anda, hasil Print Screen atau "foto monitor" dapat anda temukan di direktori Atlantica") untuk pengaduan username yang bersalah tadi.

3. Cermati transaksi

Ketahuilah bahwa banyak orang-orang menyebalkan yang juga disebut sebagai tuti (tukang tipu) di Atlantica.

Orang-orang bebal ini awalnya akan bersifat manis pada anda, dan belang dari orang-orang ini akan langsung muncul ketika kepentingan dia sudah selesai, biasanya mereka akan langsung frontal dan berkata sangat kurang ajar setelahnya. (tentu saja, peduli setan dengan urusan anda)

Kerugian yang dapat anda derita diantaranya: hilang gold, hilang item, hilang akun, hilang ingatan/sakit jiwa.

Modus:
a. Tawaran cheat

Ketahuilah bahwa cheat adalah sesuatu yang dilarang di Atlantica.

Jika anda masih kesengem dengan cheat, silakan kembali ke game console dimana konsol cheat tersedia secara legal dan anda tidak akan merugikan orang lain.

Dan jika anda dapati seseorang tiba-tiba mengirim whisp, menawarkan suatu cheat, baik itu speed cheat, gold cheat, doubling item cheat...

Tolak dengan segera.

Begitu gold atau item anda berpindah tangan, yakinkanlah bahwa gold/item itu telah raib dari tangan anda.

Mengutip peraturan Atlantica bahwa "Kasus Penipuan TIDAK akan dilayani" (berbeda halnya dengan kasus hack/crack), sebagaimana anda dongkol dan mengadu pada Game Master, item anda tidak akan kembali.

Kalaupun cheat itu berhasil dan anda mendapat hasilnya, yakinkan juga bahwa anda tidak akan pernah tenang bermain Atlantica. Akan ada banyak player lain yang mencerca anda dan palu ban GM juga sedia menghantui anda selama 1x24 jam.

Jangan biarkan hasil kerja keras anda raib hanya karena anda ingin permainan anda menjadi lebih mudah!

b. "Captured" Mount

Tipuan ini cukup populer, bagi orang awam yang tidak tahu apa itu mount atau belum pernah melihatnya. Ada kemungkinan mereka akan tertipu dengan tipuan ini.

Mount yang paling rawan akan modus ini adalah Raptor, dimana Raptor yang dijual adalah CAPTURED Raptor yang dapat dengan mudah anda dapatkan di market seharga kurang dari 10k.

Oleh karena itu, selalu lihat apa item yang ditransaksikan. Captured Raptor bukanlah mount, begitu juga dengan apapun yang berjudul "Captured" lainnya.

c. Transaksi lewat mailbox

Banyak orang yang tidak jujur di dunia ini, di dunia Atlantica juga demikian.

Transaksi lewat mailbox adalah transaksi yang paling beresiko di Atlantica, memang transaksi ini praktis dan cepat. Sayangnya tidak semua orang akan membalas apapun yang anda kirim.

Kecuali anda pernah menguji seseorang dan yakin akan orang itu, atau anda kenal dengan username yang bersangkutan di dunia nyata, jauhi transaksi lewat mailbox. Masih banyak transaksi lain yang lebih aman, diantaranya trade, atau transaksi yang sama cepatnya lewat My Store.

d. Pinjam Gold

Seseorang dari guild meminjam gold anda dalam jumlah besar. Apa yang anda lakukan?

Pilihannya kembali kepada anda, tapi ketahuilah bahwa ada orang yang masuk ke guild hanya untuk meminjam gold, seraya bersumpah akan segera mengembalikan gold keesokan harinya, lalu orang itu menghilang dari guild dan bersikap seakan akan ia tidak pernah meminjam gold dari anda.

e. Transaksi "teman"

Ketahui juga bahwa ada modus seperti ini, ini pada dasarnya tipuan transaksi mailbox yang dibumbui dengan sedikit "hubungan".

Katakanlah ada karakter yang pernah menjalan quest dengan anda lalu ia menambahkan anda ke friend listnya.

Suatu hari ia melihat anda ingin menjual/membeli suatu barang, ia menawar barang itu dan berjanji transaksi tersebut akan dijalankan lewat mailbox. Namun begitu anda mengirim barang/gold, balasan yang dijanjikan tidak pernah datang kembali.

Ada saja karakter-karakter seperti ini, waspadalah selalu.

f. Barang untuk jaminan

Tipuan ini sedikit pintar, ada seorang karakter yang datang menghampiri anda, membuka window chat lalu mengimingi anda beberapa item yang menggiurkan seperti Sacred Wings, atau Unicorn, atau sejenisnya.
Karakter itu memberitahu pada anda bahwa item itu akan ia berikan secara cuma-cuma alias gratis, dengan syarat... username dan password anda. Dengan alibi-alibi berbelit, yang pada umumnya bilang bahwa ia ingin memeriksa ID anda dan memberikan barang itu sebagai jaminan.

Segera tolak, tipuan ini dapat membuat anda kehilangan gold, barang, mercenary, karakter, bahkan ID anda.

g. Skenario berjamaah

Ada saatnya bersikap heroik dan ada saatnya untuk pergi menjauh, terutama jika sikap heroik anda dimanfaatkan oleh para tuti ini.

Bayangkan ada seseorang mengirim whisp pada anda, ia bercerita bahwa ia sedang bertengkar dengan seseorang karena perihal penipuan dan anda diminta sebagai penengah.

Ada juga kondisi dimana ternyata, setelah satu transaksi, si penipu berserta temannya mendatangi anda. Dia bilang item yang ditransaksikan tadi adalah milik temannya, jika ini terjadi, abaikan mereka.

Ujung-ujungnya anda akan diminta mengirimkan suatu barang sebagai jaminan pada orang yang bertengkar dengan orang yang mengirim whisp pada anda, dan sebagai gantinya orang yang mengirim whisp pada anda akan mengirim item/jumlah gold yang sama. Namun seperti biasa, begitu transaksi anda pada orang itu selesai, mereka berdua menghilang.

h. Gadai Cepat

Modus ini biasanya memanfaatkan user yang sedang sial (baca: kalah betting) atau sedang sangat butuh gold.

Mereka menerima mount/costume untuk digadaikan, dan akan mereka hargai mount/costume itu dengan serendah-rendahnya (kisarannya dari 30-70% dari harga umum). Transaksi seolah selesai, tapi ketika anda sudah mempunyai gold yang setara untuk dikembalikan. User penggadai itu tidak pernah dapat anda kontak lagi/ia tidak membalas whisp anda. Kesimpulannya anda baru saja kena tipu, mount/costume itu akan seterusnya dia pegang sendiri (seolah ia beli) atau telah dijual lagi.

Untuk menghindari kejadian ini, dan memang jika anda butuh gold. Penggadai yang dapat dipercaya adalah mereka yang menawar mount/costume anda dengan kisaran harga dengan persentase nyaris sama (97-100%). Dengan itu, kalaupun barang anda tidak kembali, anda punya gold yang setara atau hampir setara.

i. Manipulasi Harga Market

Item di Atlantica sangatlah banyak, saya yakin seberapa lama pun anda main Atlantica, anda tidak akan pernah bisa mengingat semua item yang ada di game ini.

Ada item-item yang tergolong dalam item "inaktif" di market, item-item ini tidaklah umum dijumpai, karena kegunaannya yang memang dianggap kurang berguna atau sekedar kurang diminati. Ciri-ciri item ini diantara lain, biasanya atau rata-rata akan memunculkan "no order" jika di pesan di market. Disinilah celah untuk para penipu. Misal, anda pernah dengar Flame Trap (II)? Saya yakin tidak banyak yang tahu. Kostum atau barang anda akan diminta barter dengan Flame Trap itu, si penipu akan mengatakan bahwa barang itu setara, dan meminta anda memeriksa market jika anda percaya. Sebelumnya, market sudah disisipkan oleh si penipu salah satu barang dengan harga yang "luar biasa", dengan ini calon korban akan dapat lebih percaya.

Untuk menghindari tipuan ini, pastikan anda tahu betul barang apa yang anda barterkan!

j. Jasa Enhance

Mari jujur. Semua equip diatas Conqueror's benar benar menyesakkan. Kadang anda dapat menemukan orang rela menukar mount atau barang-barang mahal lainnya demi equip-equip ini. Muncullah penipu-penipu dengan jasa enhance mereka, mereka mengklaim dapat mengenhance Divine Sword, Phoenix Staff, dan berbagai weapon lain yang sangat menyesakkan jika dibeli, bahkan polos sekalipun. Untuk menyakinkan korbannya, mereka menjamin bahwa item akan dikembalikan jika enhance item gagal.

Tentu saja, equip yang diberikan pada para penipu ini tidak akan pernah di enhance--- dan dikembalikan.

Jika ini terjadi, namun anda masih ingin menggunakan jasa itu. Berikut sedikit tips. Mintalah barang yang setara dalam pertukaran anda untuk jaminan, minimal 95% dari harga equip yang anda tentukan. Jika dia menyanggupi, maka anda dapat merasa sedikit lebih aman. Sebaliknya, jika ia tidak menyanggupi. Jangan gunakan jasa mereka. Sesederhana itu.

Modus-modus diatas hanyalah sedikit dari modus-modus yang beredar di Atlantica. Silakan tambahkan jika memang ada modus baru.

0 comments:

Post a Comment

Thank you for your comment on this blog Natural BLOGGING, your comment is the best gift for me. Hopefully the success with us all. Let us exchange ideas and give feedback, criticism and constructive suggestions for our blog progress of each.