Searching...
April 7, 2011

Masalah - Masalah Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR)

Thursday, April 07, 2011
Masalah - Masalah Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR)
Masalah-masalah Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) antara lain :
a . Asfiksia
Asfiksia adalah suatu keadaan bayi baru lahir yang gagal bernafas secara spontan dan teratur segera setelah lahir, sehingga dapat menurunkan 02 dan mungkin meningkatkan C02 yang menimbulkan membutuhkan kecepatan dan keterampilan resusitasi.
BBLR bisa kurang, cukup bulan atau lebih bulan semuanya berdampak pada proses adaptasi pernafasan waktu lahir sehingga mengalami asfiksia lahir. BBLR membutuhkan kecepatan dan keterampilan resusitasi.
b. Gangguan nafas
Gangguan nafas yang sering terjadi pada BBLR < bulan adalah penyakit membran hialin, sedangkan pada BBLR lebih bulan adalah aspirasi mekonium.
c. Hipotermi
Hipotermi adalah suhu tubuh dibawah 36,5 C, pengukurannya dilakukan pada ketiak selama 3-5 menit. Hipotermi terjadi karena sedikitnya lemak tubuh pada bayi belum matang.
d. Hipoglikemia
Hipoglikemia keadaan dimana terdapat kadar yang abnormal rendah dari glukosa darah yang merupakan heksosa sirkulasi utama dan penting secara fisiologis. Karena hanya sedikitnya simpanan energi pada bayi baru lahir dengan BBLR.
e. Infeksi
Infeksi merupakan salah satu penyebab utama kematian bayi baru lahir yang sesungguhnya dapat dicegah dan diobati. Karena sistem kekebalan tubuh BBLR belum matang
f. Masalah pemberian ASI
Karena ukuran tubuh BBLR masih kecil kurang energi lemah lambungnya kecil dan tidak dapat mengisap.
g. Ikterus
Ikterus adalah pewarnaan kuning pada kulit, mulosa, selaput mata akibat peningkatan kadar bilirubin.
h. Masalah perdarahan
Berhubungan dengan belum matangnya sistem pembekuan darah saat lahir

0 comments:

Post a Comment

Thank you for your comment on this blog Natural BLOGGING, your comment is the best gift for me. Hopefully the success with us all. Let us exchange ideas and give feedback, criticism and constructive suggestions for our blog progress of each.