Searching...
January 2, 2010

Mengapa daya serap APBD rendah?

Saturday, January 02, 2010
Mengapa daya serap APBD rendah?
Daya serap APBD umumnya masih rendah, rasio tersebut disebabkan oleh masih besarnya tanggungjawab dan kewenangan pengeluaran yang berada di tangan pemerintah pusat, khususnya yang berkaitan dengan pengeluaran fasilitas publik.
Jika suatu negara mendesentralisasikan tanggung jawab pengeluaran yang lebih besar dibandingkan sumber-sumber penerimaan yang tersedia, maka tingkat pelayanan akan menurun, atau cara lain yang dapat di tempuh oleh daerah adalah dengan menekan pusat, cara ini biasanya akan berhasil dilakukan untuk mendapatkan tambahan kucuran dana yang lebih besar, atau pinjaman yang lebih besar atau kedua-duanya. Sehingga faktor keseimbangan antara pengeluaran daerah dengan penerimaan daerah perlu mendapatkan fokus perhatian dalam pelaksanaan desentralisasi fiskal.

0 comments:

Post a Comment

Thank you for your comment on this blog Natural BLOGGING, your comment is the best gift for me. Hopefully the success with us all. Let us exchange ideas and give feedback, criticism and constructive suggestions for our blog progress of each.