Searching...
February 24, 2009

Makalah Manajemen : Peranan Pembinaan Karyawan oleh Kepala Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan

Tuesday, February 24, 2009


Makalah Manajemen : Peranan Pembinaan Karyawan oleh Kepala Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan

Pada umumnya segala bentuk kegiatan dari suatu organisasi baik pemerintah maupun non pemerintah, salah satu unsur yang menentukannya adalah manusia. Karena bagaimanapun majunya teknologi tanpa faktor manusia sebagai pemegang peranan dalam suksesnya suatu usaha tidak akan berarti apa-apa bahkan pelayananpun tidak akan berjalan dengan baik, sebagaimana yang dikemukakan oleh Siagian (1984: 127) adalah sebagai berikut :
Manusia itu merupakan unsur terpenting karena unsur lainnya yang dimiliki oleh suatu organisasi seperti uang, materi, mesin-mesin, metode kerja, waktu dan kekayaan lainnya hanya dapat memberi manfaat bagi organisasi jika manusia yang di dalam organisasi itu merupakan daya pembangun dan bukan perusak bagi organisasi.
Mengingat pentingnya peranan manusia sebagai pegawai seperti dikemukakan di atas maka untuk melaksanakan tugas dengan baik dan penuh dengan tanggung jawab serta mengetahui potensi-potensi yang ada pada diri pegawai tersebut, perlu diupayakan peningkatan kinerja pegawai secara optimal agar setiap pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik, berdaya guna dan berhasil guna.
Untuk tercapainya tujuan di atas, maka tidak terlepas dari peranan pimpinan yang dapat mendorong dan menggerakkan bawahannya, sehingga mereka mau bekerja dengan ikhlas dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh pimpinan untuk memenuhi tuntutan tersebut adalah dengan jalan pemberian pembinaan.
Hal itu harus didukung pula oleh bawahan sebagai pelaksana untuk dapat bekerja dengan penuh gairah dan semangat dalam memajukan serta mengembangkan kegiatan organisasi. Dengan adanya kinerja pegawai yang baik maka tujuan organisasi akan tercapai dengan optimal.
Selengkapnya mengenai pembahasan makalah ini dapat di download di sini.

0 comments:

Post a Comment

Thank you for your comment on this blog Natural BLOGGING, your comment is the best gift for me. Hopefully the success with us all. Let us exchange ideas and give feedback, criticism and constructive suggestions for our blog progress of each.