Searching...
March 5, 2012

Tantangan SDM di Indonesia di era globalisasi

Monday, March 05, 2012
Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor penentu pembangunan nasional. Saat ini, SDM yang memiliki wawasan, pengetahuan dan keterampilan untuk bersaing dalam mendapatkan lapangan pekerjaan terlebih untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru masih minim. Suatu terobosan perlu dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia yaitu dengan memberikan pembekalan tambahan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan pada berbagai bidang. Bagi bangsa Indonesia masalah SDM atau lebih khusus lagi peningkatan kualitas SDM, secara eksplisit disebutkan sebagai titik sentral pembangunan nasional pembangunan jangka panjang tahap dua (PJP II).
Peranan SDM memang sangat peting. Tak ada keraguan akan hal ini. Lebih-lebih dalam era informasi dan globalisasi seperti sekarang. Akan tetapi, secara keseluruhan harus diakui bahwa kualitas dan kemampuan SDM Indonesia relatif masih rendah. Rendahnya kualitas dan kemampuan SDM Indonesia itu tercermin dari : ketimpangan antara jumlah kesempatan kerja dan angkatan kerja dan tingkat pendidikan angkatan kerja yang ada masih relatif rendah. Meskipun tidak terlalu mengecewakan, jelas hal ini memerlukan usaha-usaha peningkatan kualitas SDM kita secara terus menerus. Maksudnya agar kita bisa mensejajarkan diri dengan bangsa-bangsa lain yang lebih tinggi taraf kualitas SDMnya, dan mampu berbicara lebih nyaring dipercaturan internasional. lni perlu karena keadaan dunia yang akan kita hadapi kelak akan sangat kompetitif.

0 comments:

Post a Comment

Thank you for your comment on this blog Natural BLOGGING, your comment is the best gift for me. Hopefully the success with us all. Let us exchange ideas and give feedback, criticism and constructive suggestions for our blog progress of each.